9.1.12

Jatuhnya Pemikiran Rasional




Perlu diketahui, jatuhnya mashab modernisme dalam arsitektur ditandai oleh dihancurkannya pembangunan rumah susun bagi masyarakat negro yaitu kompleks perumahan Pruitt-Igoe St. Louis di Missouri yang dibangun pada tahun 1955. Pembangunan rumah susun ini merupakan hasil sayembara internasional yang dilaksanakan oleh Architectural Forum pada tahun 1951. Pemenangnya adalah seorang arsitek dari Jepang Minoru Yamasaki (arsitek World Trade Center) sebagai “the best high apartment”.(------, 10 Nop 2009) Desain arsitektur rumah susun tersebut telah dilakukan dengan penggunaan sistem-sistem pemanfaatan alam secara maksimal seperti pencahayaan alami dan penghawaan alami. Pada tahun 1972, kompleks bangunan tersebut dihancurkan. 

Mengapa rumah susun tersebut diruntuhkan?



Dalam pembangunan rumah susun tersebut meskipun menjadi pemenang I internasional, dalam pendekatannya hanya melalui pendekatan mekanistik tanpa melihat karakteristik perilaku negro yang lebih menyukai pada area terbuka (jalan). Adanya lorong-lorong tertutup dalam rumah susun sebagai salah satu cara agar setiap unit mendapatkan pencahayaan dan penghawaan alami sebagai jalur sirkulasi ke masing-masing unit serta banyaknya ruang-ruang tertutup lainnya menimbulkan berbagai kasus yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya yaitu banyaknya kasus-kasus pemerkosaan, perkelahian, pembunuhan dan perdagangan narkoba. Ketidaksesuaian dengan karakteristik perilaku tersebut yang menjadi permasalahan utama terjadinya berbagai perilaku asosial bagi masyarakat yang berada di rumah susun tersebut.

Dengan terjadinya kasus-kasus yang tidak berpihak kepada kebutuhan hakiki manusia dan menciptakan dampak penyakit sosial. Pendekatan modernisme dalam mengembangkan kualitas hidup manusia mendapatkan kritik terhadap hegemoni pendekatan mekanistik-matematis yang dilakukan oleh kalangan modernis dalam pembangunan bangunan dan lingkungan sebagai wadah aktivitas manusia. Manusia tidak dapat dianalogikan sebagai mesin yang tidak mempunyai jiwa. Penghancuran ini merupakan simbol jatuhnya pendekatan mekanistik.

No comments:

Post a Comment